makalah maket



CHRISTMAS MUSIC BOX
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
 mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia, dan Mulok PI


Anggota Kelompok
1. Clavia G. P..........................12-IPS4/4
2. Elvira.................................12-IPS4/8
3. Rafles Arnoldi T ...............12-IPS4/32
4.Sharon Priscilla…...............12-IPS4/35



SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017/2018


KATA PENGANTAR


Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart    
    program yang dilampirakan.
2. Ibu Christina Suwawartini, S.Pd, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing
    penulisan makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan
    proyek maket Christmas Music Box.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.














DAFTAR ISI

Halaman Sampul ........................................................................................................................... i
Kata Pengantar    .......................................................................................................................... ii
Daftar Isi             .......................................................................................................................... iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  .........................................................................................................................1
B. Rumusan Masalah .....................................................................................................................1
C. Tujuan Manfaat
D. Batasan istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Rumah Massa Depan Helipad
B. Mikrokontroller
C. Lampu LED
D. Bahasa Pemrograman

















BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sekarang ini sudah menjelang hari natal, dimana hari natal ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Natal merupakan hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Saat ini sudah banyak ornamen-ornamen natal yang dijual untuk memeriahkan hari natal. Maka dari itu, kami membuat ornament natal yang unik, yakni Christmas Music Box untuk mendukung suasana natal.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana bentuk Christmas Music Box?
2.      Bagaimana merancang Christmas Music Box?
3.      Bagaimana sistem Arduino dalam Christmas Music Box?
C.     Tujuan dan Manfaat
1.      Tujuan: Membuat Christmas Music Box yang dapat membantu memeriahkan suasana natal.
2.      Manfaat: Christmas Music Box dapat bermanfaat sebagai salah satu ornamen natal yang dapat memeriahkan suasana natal.
D.    Batasan Istilah
Christmas sebagai sebuah tema dari proyek kelompok
Music Box adalah sebuah kotak yang apabila dibuka akan menyala dan mengeluarkan sebuah lagu.









               
BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Pengertian Christmas Music Box
Christmas atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut natal merupakan hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Desember dalam memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Natal dirayakan dalam ibadah malam di gereja pada tanggal 24 Desember dan ibadah pagi di gereja pada tanggal 25 Desember. Dalam tradisi barat, peringatan Natal merupakan perayaan non-agamawi. Beberapa tradisi Natal dari Barat tersebut antara lain adalah dekorasi natal di setiap rumah warga dengan pohon Natal dan ornament lainnya, saling memberi kartu Natal kepada orang terdekat, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas.
Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Musik dapat didengarkan melalui alat musik ataupun melalui alat elektronik,seperti speaker. Mendengar musik adalah sejenis hiburan, karena suara musik banyak disukai oleh banyak orang sehingga banyak orang mendengarkannya untuk mengisi waktu luang dan penyegar dikala sedang stress atau letih.
Christmas Music Box adalah sebuah kotak yang apabila dibuka maka akan mengeluarkan suara musik bertemakan natal dan berisi situasi natal yang bahagia dengan permainan lampu yang berwarna-warni.
B.     Mikrocontroller
Mikrokontroller adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya. Pada umumnya mikrokontroller terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. Kelebihan utama mikrokontroler yaitu tersedianya RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas.











C.     Kerangka Konsep Berpikir 


 









BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

  1. Christmas Music Box/Room.
Sebuah kotak musik berupa maket yang berbetuk kubus. Kubus ini berisikan hiasan-hiasan natal seperti pohon natal, salju, santa, dan aksesoris natal lainnya. Selain berisikan hiasan-hiasan tersebut music box ini akan mengeluarkan lagu-lagu natal bila membuka tutup box tersebut, untuk meramaikan dan menambah hiasan suasana natal, akan ditambahkan lampu warna warni pula didalam music box tersebut.
  1. Alat dan Bahan
1.      Mekanik Proyek
a.       Kertas karton;
b.      Lem,dan isolasi;
c.       Palu dan paku;
d.      Pengait box;
e.       Acssesoris.
2.      Elektronika
a.       Mikrokontroller Arduino;
b.      Lampu LED;
c.       ResistorSensor;
d.      SpikerKabel;
e.        timah dan solder.
  1. Bog Diagram Box
Gambar diagram blok antara komponen-komponen box termasuk rangkaian elektronika kelistrikannya. Atau foto maket atau proyek:
  1. Cara Kerja Christmas Music Box/Room
Pada saat pemilik membuka tutup box yang dilapisi dengan sensor, secara otomatis kotak musik tersebut menyalakan lagu-lagu natal dan lampu-lampu yang dihias didalamnya akan menyala pula.
BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK

  1. Spesifikasi Market
·         Spesifikasi market kotak kado yang berisi tentang Christmas dan dihiasi dengan lampu-lampu dan pohon natal ukuran kecil,dengan ukuran:
o   Luas area: 35cm x 35cm;
o   Luas kotak: 25cm x 25cm;
o   Perbandingan market dengan real: 1:1;
o   Panjang kotak: 25cm;
o   Lebar kotak: 25cm;
o   Tinggi kotak: 25cm.
·         Spesifikasi bahan
o   Alas triplek:35 x 35cm;
o   Bahan kotak: karton tebal;
o   Pohon natal kecil;
o   Lem tembak.
·         Spesifikasi alat listrik
o   Lampu LED ¼ watt,2 volt;
o   Kabel (penyambung lampu LED dengan kelistrikan).



  1. Kinerja proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah jika dikembangkan dengan diproduksi, proyek ini akan memiliki nilai jual. Dengan tradisi yang dimiliki pada saat hari natal yaitu bertukar kado, proyek ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjadi barang untuk tukar kado jika proyek ini lebih dikembangkan lebih lanjut dengan cara dioroduksi.
Kelemahan proyek ini adalah bahan yang digunakan dari karton yang tidak tahan air dan cepat rusak.
















  1. Flowcart program

















BAB V
KESIMPULAN

A.    Kesimpulan
Dari paparan diatas, sudah dijelaskan bahwa kelompok kami akan membuat Christmas Music Box agar dapat membantu memeriahkan suasana natal karena sebentar lagi umat kristiani akan merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Christmas Music Box ini dibuat dengan karton/tripleks yang berbentuk kubus dan didalamnya berisikan ornamen natal. Sistem kerja Christmas Music Box ini adalah dengan membuka tutup box yang dilapisi dengan sensor kemudian secara otomatis, box tersebut akan mengeluarkan musik-musik natal serta lampu-lampu yang ada di dalamnya akan menyala.
B.     Kesan
Melalui kerja sama dalam pembuatan maket ini, kami dapat saling mengenal anggota dalam kelompok dan meningkatkan rasa persaudaraan serta dapat membangun semangat bekerja sama dalam kelompok.
C.     Saran
Untuk kedepannya ujian praktik ini dapat diterapkan di mata pelajaran lainnya, agar siswa memiliki pengalaman lebih banyak sehingga terlatih untuk membuat proyek dan dapat bersosialisasi dengan banyak orang.











Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pendahuluan